Senin, 01 November 2010

Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen Sumber Daya Manusia

1.                  JOB ANALYSIS
Pengertian Analisa Jabatan (job analysis)
Analisis jabatan (job analysis) merupakan suatu proses penggambaran dan pencatatan informasi mengenai prilaku dan kegiatan pekerjaan. Agar praktek manejemen sumber daya manusia bisa lebih efektif, pekerjaan harus dipahami dengan jelas baik oleh perusahaan maupun pelakunya.
2.         JOB DESIGN
Pengertian Job Design
Definisi Job Design adalah suatu pendekatan didalam suatu pekerjaan yang dilakukan dengan sedemikian rupa untuk memetik minat pekerja dengan mengadakan job enlargement yaitu praktek untuk memperluas isi daripada suatu pekerjaan yang meliputi jenis dan tugas dalam tingkat yang sama dan job enrichment yaitu praktek yang memberikan karyawan tingkat kebebasan yang lebih tinggi terhadap perencanaan dan pengorganisasian melalui implementasi kerja dan evaluasi hasil.
v  Pendekatan dalam Job design
1.         Job Enlargement yaitu praktek yang memperluas isi dari pekerjaan yang meliputi jenis dan tugas dalam tingkat yang sama. Job enlargement seharusnya dapat menambah kesenangan untuk bekerja tapi tidak diwajibkan memberika pekerja tanggung jawab lebih.
2.         Job Rotation yaitu memindahkan pekerja dari 1 tugas ke tugas lain. ini mendistribusikan grup kerja diantara sejumlah pekerja.
3.         Job Enrichment yaitu praktek yang memberikan karyawan tingkat kebebasan yang lebih tinggi terhadap perencanaan dan pengorganisasian pekerjaan melalui implementasi kerja dan hasil evaluasi.
4.         Work Design (Job Engineering ) yaitu desain kerja yang mengijinkan pekerja melihat bagaimana metode kerja, layout kerjasama antara pekerja dengan mesin.

v  Langkah – langkah yang harus diambil ketika membuat job design :
 -    kerjakan tugas yang biasa (Do an assessment of current work practices).
 -    kerjakan tugas analisis ( Do a task analysis ).
 -    Golongkan tugas – tugas
 -    identifikasi masalah – masalah yang ada
 -    implementasikan job design
 -    evaluasi kembali job design
3.         JOB DESCRIPTION
Pengertian Job Description
Definisi Job Description adalah Sebuah kumpulan informasi jabatan dan disusun secara sistematis yang diperoleh melalui Job Analysis, yang dapat mengidentifikasi dan menguraikan suatu jabatan atau posisi tertentu. Atau Membuat status setiap jabatan menjadi jelas akan: Fungsi & Perannya, Hasilnya, Tanggungjawabnya.
v  Manfaat Job Description:
-     Membantu atasan dan bawahan mengerti: Mengapa suatu jabatan diadakan dan Apa tujuan utamanya.
-     Sebagai Alat Managemen untuk mengintegrasikan fungsi-fungsi : Performance Management, Staffing & Selection, Organization Design, Reward System, Career Development & Training.
v  Hal-hal yang harus ada dalam job description:

1.         Nama jabatan

2.         Tingkat jabatan

3.         Atasan langsung

4.         Bawahan langsung

5.         Ringkasan pekerjaan

6.         Tugas dan tanggung jawab

7.         Pengetahuan, keterampilan dan kemampuan yang diperlukan

8.         Pengalaman yang diperlukan

9.         Persyaratan khusus (bila ada). Contoh: bersedia bekerja lembur, pada hari
       libur dan akhir pekan seperti yang disyaratkan oleh pekerjaan tertentu.

v  Contoh Job Description
CEO/Chief Executive Officer  
CEO adalah pemimpin perusahaan yang berugas menempatkan perusahaan di jajaran depan industri. Mengembangkan perencanaan strategis untuk mencapai misi dan tujuan perusahaan dan untuk mempromosikan pendapatan, keuntungan, dan pertumbuhan sebagai suatu organisasi. Mengawasi operasi perusahaan untuk memastikan efisiensi produksi, kualitas, pelayanan, dan manajemen sumber daya yang efektif
v  Tanggung jawab utama :
  1. Mengembangkan rencana strategis untuk mencapai misi dan tujuan perusahaan dan untuk mempromosikan pendapatan, keuntungan, dan pertumbuhan sebagai suatu organisasi
  2. Mengawasi operasi perusahaan untuk memastikan efisiensi produksi, kualitas, pelayanan, dan manajemen sumber daya yang efektif
  3. Merencanakan, mengembangkan, dan mengimplementasikan strategi untuk menghasilkan sumber daya dan / atau pendapatan untuk perusahaan
  4. Mengidentifikasi akuisisi dan peluang merger dan aktivitas implementasi langsung
  5. Menyetujui prosedur, standar, dan kebijakan operasional perusahaan
  6. Meninjau ulang laporan kegiatan dan pernyataan keuangan untuk menentukan kemajuan dan status dan mencapai tujuan dan memperbaharui tujuan dan rencana sesuai dengan kondisi yang ada
  7. Mengevaluasi kinerja eksekutif agar sesuai dengan kebijakan dan tujuan perusahaan dan dapat memberikan kontribusi dalam mencapai tujuan
  8. Mempromosikan perusahaan melalui artikel tertulis dan penampilan personal di konferensi, radio, dan televisi
  9. Mewakili perusahaan di sesi legislative, pertemuan komite, dan pada fungsi formal
  10. Mempromosikan perusahaan ke konstitusien internasional, nasional, regional, dan lokal
  11. Membangun jaringan pendanaan menggunakan kontak personal, direct mail, event khusus, dan dukungan yayasan
  12. Mempresentasikan laporan perusahaan dalam pertemuan tahunan jajaran direksi dan stakeholder
  13. Mengarahkan komite pembuat-kebijakan dan rencana perusahaan
  14. Mengawasi operasi luar negeri untuk memasukkan penilaian kinerja keuangan dan operasi
  15. Tugas-tugas lain yang diberikan
v  Persyaratan Pengetahuan dan Keterampilan:
  1. Pengetahuan rencana dan pelaksanaan strategi. Pengetahuan kontrak, negosiasi, dan manajemen perubahan. Keterampilan dalam memeriksa dan mengatur operasi dan prosedur. Pengalaman dalam memformulasi kebijakan, dan mengembangkan dan mengimplementasikan strategi dan prosedur baru. Kemampuan untuk mengembangkan rencana keuangan dan mengatur sumber daya. Kemampuan menganalisis dan menginterpretasikan data keuangan. Pengetahuan prinsip-prinsip public relation dan pelaksanaannya. Pengetahuan komunikasi dan teknik public relation. Kemampuan untuk mengembangkan dan meyampaikan presentasi. Kemampuan mengidentifikasi dan mengamankan sumber daya pendapatan / pendanaan.
  2. Pekerjaan menuntut keterampilan komunikasi verbal dan tulisan yang profesional dan keterampian interpersonal. Kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi dengan pejabat di berbagai level pemerintahan dan untuk bekerja secara efektif dengan jangkauan konstituensi yang luas pada komunitas beragam. Kemampuan untuk memotivasi tim dan secara simultan mengatur beberapa proyek
  3. Dapat dicapai melalui kombinasi lulusan Master Administrasi Bisnis, Keuangan, atau Akuntansi dan 10 tahun pengalama dalam peran kepemimpinan untuk divisi yang besar atau perusahaan.
  4. Pekerjaan menuntut kemauan untuk bekerja pada jadwal fleksibel dan perjalanan dinas.
v  Kondisi Kerja :
Kondisi kerja normal pada lingkungan kantor. Pekerjaan mungkin menuntut sering bekerja akhir minggu dan malam hari, dan sering melakukan perjalanan dinas.

DAFTAR PUSTAKA


http://www.portalhr.com/klinikhr/strategis/4id860.html
http://aankhabiburrahman.wordpress.com/2010/06/03/definisi-analisis-jabatan/
http://risma89.wordpress.com/2009/03/09/24/
http://indosdm.com/proses-penyusunan-job-description-yang-akurat
http://aji-jrs.blogspot.com/2009/11/pengertian-job-design.html
http://portalhr.com/gudang/jobdescription/detail.php?id=17

Tidak ada komentar:

Posting Komentar